23 Januari 2017

Entah jenis gerimis apa yang baru saja tumpah. Cukup deras dan mengkhawatirkan. Perahuku terombang-ambing. Aku berteriak gaduh, bertanya mengapa?.

Aku dihadapkan lagi pada suatu muara. Kali ini benar-benar membingungkan, menggoyahkan hati. Pikiranku benar-benar terkuras karena gerimis yang disertai pertemuan dengan muara ini.

Jalan kanan yang telah kupilih, belum sepenuhnya menjauhi jalur kanan. Kali ini Tuhan menyuruhku lagi memilih, kanan atau kiri. Entah pertanda apa yang Tuhan maksudkan pada perjalanan perahu ini.

Hanya tersisa beberapa malam untuk menentukan. Sungguh bukan pilihan yang mudah. Walaupun sebenarnya jalur kiri tidaklah begitu menjamin. Semua orang memang mengincar, karena pulau impian mereka tersedia melalui jalur kiri. Sedangkan aku, hanya ada di jalur kanan. 

Sore ini, gerimis hampir meluluh lantakkan keseimbangan perahu. Aku ngeri, mungkin langit murka kepadaku. Tapi bukankah langit sama sekali tak punya hak untuk menentukan kemana arahku berlayar?.

Entah mengapa muara itu kian mengerikan. Aku takut salah memilih, sungguh takut. Hatiku ingin memilih jalur kanan yang menyediakan bahan bakar yang cukup, setidaknya untuk diriku sendiri. Salah satu pulau yang berada di jalur kanan menyediakan banyak hal yang akan menjamin keberlangsungan hidupku selama membekali diri disana.

Sedangkan jalur kiri, aku harus membeli bahan bakar yang terbilang mahal di setiap pulau manapun. Sungguh aku tak tega membiarkan kedua orangtuaku membelinya terus menerus. Aku ingin membelinya sendiri, namun aku tak yakin aku mampu secepat itu.

Aku masih terdiam di depan persimpangan ini. Menimbang baik-baik. Meski pada akhirnya, malam ini hanya muncul gerimis yang menggoyahkan perahu ini. Ya Tuhan, manakah yang terbaik?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s