Move on

Aku tidak pernah melupakan misi utamaku. Namun aku mulai sadar, matematika bukanlah sesuatu yang tepat untuk kupilih. Mungkin selamanya ia takkan pernah mengantarkanku ke OSN, sampai kapanpun.

Aku mulai berpindah hati, mempersiapkan bekal di tahun depan. Bekal yang kupersiapkan kali ini bukan matematika lagi. Tapi fisika. Aku tidak akan mengikuti seleksi tim olimpiade fisika, tapi astronomi.

Semuanya bermula dari rasa kekhawatiranku terhadap nilai fisika yang terbilang cukup tinggi. Masalahnya, aku masih kelas 10 dan harus mempertahankan nilai fisika itu. Padahal menurutku aku tidak terlalu paham mengenai fisika, selalu tidur ketika guru mengajar, juga kurang perduli dengan tugas-tugas yang diberikan. Entah mengapa guruku terlalu baik hati memberiku nilai setinggi itu. Namun itu cukup menyengsarakanku dalam mempertahankannya.

Ketika jam kosong di asrama, aku selalu menghabiskannya dengan belajar fisika di masjid. Makin lama, aku terjun makin dalam ke dunia fisika. Aku berusaha sebisa mungkin mendapatkan nilai yang sama seperti semester satu ini. Hanya dengan belajarlah caraku untuk mempertahankannya.

Suatu hari, di masjid saat jam kosong, aku sedang belajar fisika. Chelien, mantan teman sekamarku saat MOS dan latdis menghampiriku. Kalimat yang tak pernah kulupakan darinya adalah “Ngapo dak nyoba olim astronomi be?. Itu kan gabungan fisika dan matematika.” Ia bertanya kepadaku mengapa aku tidak mencoba mengikuti seleksi untuk menjadi tim olimpiade astronomi saja karena astronomi adalah ilmu gabungan antara fisika dan matematika, menurutnya.

Semula aku tak menanggapi terlalu serius celetukan Chelien itu. Namun lama kelamaan, selalu terpikirkan, kupertimbangkan dengan baik. Hingga akhirnya aku memutuskan untuk mulai mempersiapkan bekal menuju seleksi itu. Astronomi, aku telah berhasil berpindah hati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s