Karantina Menuju OSK

Tak terasa, OSK hanya tinggal satu bulan lagi. Kami, para anggota tim olimpiade sekolah mulai dikarantina. Karantina disini maksudnya tidak diperkenankan belajar di kelas. Kami diasingkan bersama anggota bidang masing-masung di kelas tertentu.

Awalnya, kelas astronomi tidak mendaptkan ruangan. Entahlah, aku lupa seharusnya di ruangan mana. Kami berpindah kesana kemari. Tampak sekali bagiku bahwa astronomi dipandang sebelah mata, cukup terkucilkan. Awalnya kami ditempatkan di bagian laboratorium fisika. Dibiarkan duduk lesehan dan disuruh membaca materi yang telah disampaikan Pak Rudi. Namun itu sama sekali tidak efektif, kami digabungkan dengan anak-anak didik yang sedang diajar Pak Rudi. Tentunya kegaduhan kelas menganggu konsentrasi kami.

Kemudian kami disuruh pindah ke ruangan privat laboratorium fisika milik Pak Rudi. Namun itu sama sekali tidak efektif karena kami bersepuluh bersempit-sempitan di dalamnya, panas dan pengap.

Lalu kami disuruh pindah ke ruangan A31, ruangan di lantai 3 gedung A. Mood kami mulai menurun karena merasa terasingkan, tidak seperti perserta bidang lain yang menempati perpustakaan dan ruangan di gedung B.

Sebenarnya niat Pak Rudi mengasingkan kami adalah agar kami tidak terpengaruh ajakan teman yang akan menganggu konsentrasi belajar. Dua tiga jam dalam sehari, Pak Rudi membina kami, baik dengan teori maupun motivasi.

Dari hari ke hari, aku merasa makin kecil, makin tenggelam. Nampaknya beberapa dari mereka telah mempersiapkan dengan matang, termasuk adik kelas yang masih kelas 10, mereka tampak tak terlalu kalah dari kelas 11.

Setiap harinya kami lewati dengan membahasa soal, mendalami materi, dan terkadang belajar mandiri karena Pak Rudi harus mengajar di kelas. Aku berenang makin dalam, mempersiapkan bekal sebaik mungkin untuk mempersiapkan tes kelayakan menuju kompetisi selanjutnya menghadapi OSK.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s