Pengumuman OSK

25 Februari 2016,

Kala itu, aku sedang pulang ke Baturaja karena satu hari yang lalu, nenekku meninggal. Kala itu, aku sedang tidur siang karena lelah menangis atas kepergian nenek. Tiba-tiba aku terbangun karena suara line di HP ku yang terus berbunyi. Masih dalam keadaan berbaring, aku mencoba membaca isi line itu. Aku pun mencoba untuk bangun dari pembaringan. Aku pun mulai fokus membaca isi line yang intinya adalah, aku lolos osk!. Apakah aku mimpi? Aku baru saja terbangun dari tidur. Aku mencoba tetap tenang dan tak terburu-buru mempercayai ini. Berulang kali, aku membaca isi line dari Tania dan menanyakan kebenaran berita itu. Ternyata memang benar, aku lolos osk.

Aku pun segera mencari mama. Dengan wajah yang sumringah namun tetap berbicara pelan karena kami masih larut dalam duka, aku menyampaikan berita itu kepada mama. Mama langsung memelukku dan menangis. Momen yang tak terlupakan sepanjang hidupku. Prestasi pertamaku selama SMA. Selama satu tahun setengah ini, aku tak pernah menorehkan prestasi apapun yang terkadang membuatku merasa bersalah karena belum dapat membuat mama bangga. Mama bercerita kalau nenekku sangat menantikan pengumuman ini. Nenekku sangat berharap aku lolos. Ia selalu mendoakanku setiap malam, ujar mama. Aku tak dapat membendung kesedihanku. Namun, aku juga berbahagia kala itu. Semuanya campur aduk menjadi satu kesatuan. Biasanya, aku selalu bercerita tentang apapun kepada nenekku. Termasuk mimpi-mimpiku mengenai OSN. Kini aku tak dapat lagi menceritakannya. Nenek telah jauh dariku.

Leave a Reply

