Hari Terakhir di Bogor

18 Maret 2016, 

Hari terakhir, semangatku hilang ditelan bumi. Peringkat itu telah membanting mentalku, semangatku, dan pikiranku. Aku tak dapat lagi mencerna apa yang sedang Kak PJ ajarkan, apa yang sedang terjadi, ilmu apa yang telah diberikan. Yang kuinginkan saat itu hanyalah pulang, menyudahi kisah ini. Bintang di hatiku telah meredup.

Ada yang mengganjal. Aku terlalu egois untuk menyerah, terlalu egois. Aku mengadu kepada peri bintangku. Aku menceritakan semua yang telah kualami beberapa hari ini, bagaimana aku ingin menyerah, bagaimana lelahnya aku saat ini. Ia menjawab dan menyadarkanku akan semuanya. Aku memang terlalu egois untuk menyerah, menyerah begitu saja. Pertempuran itu masih beberapa lagi. Aku masih memiliki waktu, waktu untuk berusaha, berusaha lebih maksimal. Tapi bagaimana mungkin? Ini adalah hari terakhir pelatihan. Bagaimana mampu aku untuk bangkit lagi? Bagaimana caranya?. Peri bintang tak menjawab pertanyaan itu. Ia hanya diam. Tapi, aku tetap penasaran, bertanya-tanya pada diriku sendiri.

“Terlalu egois untuk menyerah, ujar peri bintangku.”

Perpisahan, aku benci perpisahan. Tapi bagaimanapun, harus ada perpisahan untuk melangkah ke pelabuhan selanjutnya. Baiklah, sampai jumpa teman-teman. Selamat bertempur di OSP, di provinsi masing-masing. Semoga aku dan kalian dipertemukan di OSN. Atau mungkin hanya kalian, entahlah.

Malam ini, kami masih berada di wisma. Kami akan berangkat besok. Malam ini, kami bertujuh, aku, Dhanti, Candisa, Tyrell, Opik, Ilham, dan Raehan memutuskan untuk mencari makan malam di sekitar wisma. Malam yang takkan terlupakan bersama mereka. Malam inilah, kami melepaskan penat kami setelah lima hari di Bogor. Setelah berdebat mengenai makan apa yang akan kami beli, akhirnya kami memutuskan untuk membeli nasi goreng. Setelah itu, kami bertujuh pun pulang. Aku, Candisa, dan Dhanti makan bersama di kamar. Menikmati malam terakhir bersama. Takkan terlupakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s