OSP

24 Maret 2016,

Pertempuran telah kulalui hari ini. Aku telah meminta doa dari keluarga dan teman-temanku. Dan tak lupa meminta doa pada Pak Rudi, guru pembinaku. Aku menjawab soal dengan tenang, dan mendahulukan menjawab soal essay yang berjumlah lima soal. Aku mengerahkan semua kemampuan berpikirku dan ide-ide serta konsep-konsep dalam memcahkan soal ini. Menurutku, olimpiade adalah sarana dimana kita dapat mengerahkan ide-ide berdasarkan konsep yang telah kita pelajari untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Disinilah, aku dapat berkreasi namun tetap dalam landasan, landasan konsep yang benar. Alhamdulillah, aku dapat menyelesaikan lima soal essay itu dengan lebih maksimal. Meskipun aku tak tahu, apakah jawabanku ini sama dengan pembuat soal atau tidak. Aku hanya menuangkan ideku dengan memanfaatkan konsep yang telah kupelajari. Untuk soal isian singkat dan pilihan ganda, aku mengalami sedikit kesulitan, terutama isian singkat. Karena dalam astronomi, angka tidak terlalu mutlak. Bisa saja ada pendekatan yang menyebabkan selisih besar dalam angka-angka tersebut. Maka dari itu, aku lebih memfokuskan perhatianku pada soal pilihan ganda. Dan alhamdulillah, cukup banyak yang mampu kukerjakan.

“Hari ini, tepat satu bulan nenek pergi. Aku telah mempersembahkan apa yang telah menjadi harapan kami. Aku telah melakukan yang terbaik. Bangkit ketika aku terjatuh sejatuh jatuhnya. Terimakasih Tuhan, mungkin kepergian nenek menjadi simbol perjalananku. Semoga di atas sana, nenek tersenyum melihatku.” 

Leave a Reply

