Pelatihan Daerah

8 Mei 2016,
Pukul 12.30, aku telah siap untuk berangkat ke hotel tempat kami pelatihan. Saat itu, aku hendak memesan taksi karena tidak ada yang mengatar. Aku berulang kali menelpon taksi tersebut, namun tak kunjung diangkat. Hingga pukul 13;30, aku masih tetap menelpon, namun nihil. Guruku mengatakan bahwa pembukaan pelatihan itu dimulai pukul 14:00, setengah jam lagi. Aku mulai panik dan menghubungi Pak Rudi. Pak Rudi pun ikut panik. Akhirnya, singkat cerita, Ilham memesankan taksi dari hotel untukku. Dan pukul 15;00, aku baru berangkat. Ternyata pembukaan  pelatihan baru dimulai malam nanti. Sehingga tak masalah jika datang terlambat. Di perjalanan, Mam Wyd menelponku menanyakan mengapa aku belum datang. Beliau menanyakan apakah aku lupa atau ada apa, tampaknya sedikit panik. Aku pun mengungkapkan alasanku dan meminta maaf. “Yasudah, hati-hati ya. Kabarin mam kalau ada apa-apa.” Tutup Mam Wyd.

Setibanya di hotel, aku bingung harus melakukan apa. Aku hanya melihat segerombolan bocah-bocah kecil dan orangtuanya. Tampaknya itu peserta OSN SD kontingen Palembang. Namun, akhirnya aku menemukan Pak Tri yang sedang duduk di kursi tamu. Aku pun menyalami dan menghampiri Pak Tri. Beliau pun menanyakan seperti apa yang ditanyakan Mam Wyd tadi, dan jawabanku pun sama. Lalu, pak Tri menemaniku untuk check in dan meminta aku agar sekamar dengan Candisa. Aku pun setuju-setuju saja karena Candisa sendiri adalah adik kelasku dan kami juga pernah sekamar di Bogor bersama Dhanti. Akhirnya, aku pun masuk ke kamar dan bersiap-siap untuk mengikuti pembukaan pelatda malam nanti.

Malamnya,  aku dan Candisa yang sekamar di lantai 4 turun ke lantai 2 untuk mengikuti acara pembukaan Pelatihan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Sebelumnya, kami makan malam terlebih dahulu. Kemudian, kami pun duduk di kursi yang telah disediakan. Aku pun menghubungi Ilham untuk segera turun karena acaranya akan segera dimulai. Tak lama kemudian, Ilham pun turun dan duduk di samping kami. Acara pun dimulai. Ternyata, disini bukan hanya siswa SMA, namun juga SD dan SMP yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Selatan. Disana, aku bertemu Aldy, adik kelasku yang berasal dari SMP Negeri 01 OKU yang sekarang sedang duduk di kelas 8. Ia salah satu peserta OSN matematika. Aku kenal Aldy dari Bu Sundusiah dan sebulan yang lalu Ibu mempertemukan dan memperkenalkanku kepada Aldy. Selain itu, Aldy juga pernah ke rumahku untuk belajar matematika. Aku pun mewariskan buku olimpiade matematika SMPku padanya karena aku tak lagi membutuhkannya dan agar buku itu lebih bermanfaat.

Leave a Reply

